Cara Menjual Blog, Website Atau Situs

Rahasia Menjual Website Seharga Sebuah Rumah

Membangun website sama dengan membangun sebuah rumah. Rumah yang berkualitas bisa dilihat dari desain, komponen bangunan, dan letak yang strategis. Sebuah rumah yang berkualitas akan menjadi aset berharga bagi pemiliknya. Semakin hari harga akan semakin naik dan dicari oleh calon-calon pembeli bahkan sebelum kita menawarkannya.


Demikian juga dengan website. Website yang berkualitas akan menjadi aset bagi kita sebagai pemilik website. Selaras dengan sebuah rumah, website yang berkualitas bisa dilihat dari desain, komponen (konten) website dan trafik (strategis mudah ditemukan orang baik melalui search engine/social media). Dengan membangun website berkualitas kita telah membangun sebuah aset dan sangat mungkin kita bisa menjual website (yang tidak bisa kita pegang) ini seharga sebuah rumah. Sebagai contoh sebuah website _www.thank-you-notes.com_ yang hanya di-monetize dengan Adsense/iklan sejenis bisa terjual seharga $32,000 atau Rp350 jutaan. Silakan lihat sendiri halaman auction-nya di sini _www.flippa.com/3097514-pr-2-site-with-270-019-uniques-mo-making-921-mo.


Analisis Bisnis Website Flipping

COST
- Sebuah domain seharga $15/tahun
- Shared hosting seharga $10/bulan
- Theme bisa pakai gratisan atau beli theme premium $20
- Artikel selama dua bulan, sehari 2 artikel = $1 x 2 artikel x 2 bln = $120
TOTAL BIAYA = $165


REVENUE
Dalam waktu 3-4 bulan idealnya website tersebut sudah menghasilkan earning dari Adsense rata-rata $3 per hari atau mendekati $100 per bulan.
Dengan spesifikasi konten berkualitas (unique dan original articles) dan earning Adsense seperti di atas, website bisa terjual seharga $700 - $1,000 atau $500 - $800 setelah dikurangi Flippa fee, Paypal fee dan Broker fee (kalau ada).
Katakanlah penerimaan kotor untuk sebuah website adalah $500.
TOTAL REVENUE = $500


BENEFIT
Laba bersih per website $335 ($500 - $165). Tinggal manfaatkanlah faktor kali saja!
Kalau Anda membangun 5 website maka modal yang dibutuhkan berkisar $825 ($165 x 5) bahkan bisa kurang karena Anda tidak membayar hosting dan theme lagi, maka pada bulan ke-3 atau ke-4 Anda akan memanen sekitar $2,500 ($500 x 5) atau meraup laba bersih sekitar $1,675 ($2,500 - $825), bisa lebih atau kurang.


SARAN
Hindarilah membangun website untuk kepentingan jangka pendek. Misalnya website autoblog, AGC, website wallpaper/image based dan sejenisnya. Mungkin Anda bisa dengan cepat mendapatkan keuntungan, namun pembeli website Anda yang akan mendapatkan risikonya. Kalau tidak hancur di tangan Anda, yah di tangan pembeli website Anda. Membangun website TIDAK berkualitas, sama halnya kita membangun rumah di daerah bencana. Kalau tidak buru-buru dijual, kita yang akan menanti kerugiannya. Jadi website seperti ini BUKANLAH sebuah aset yang layak untuk dijadikan sebuah investasi.


Sedangkan kita sebaiknya berbisnis dengan cara yang baik. Idealnya menguntungkan semua pihak, baik penjual, pembeli maupun broker (kalau ada). Niatkanlah untuk membantu sesama, perlakukan pembeli website kita layaknya orang yang butuh bantuan, orang yang ingin mendapatkan profit dari website yang kita jual. Kenyataannya memang demikian, bukan sebaliknya mereka akan menjadi korban dengan membeli website kita. Dengan menjaga kualitas, reputasi kita di mata pembeli juga akan baik, mereka akan mencari kita, bahkan berebut membeli website kita dan dengan harga tinggi tentunya. Lebih penting lagi, inshaa Allah bisnis kita akan berkah dan tahan lama.


Semoga bermanfaat!

*)Tulisan ini hadir sebagai bentuk keprihatinkan penulis akan minimnya website berkualitas yang dijual di forum ini
**) Penulis adalah owner jasa website broker _www.rocetiq.com_, bagi teman-teman yang ingin ditambahkan di secret grup website flipping saya di FB untuk memperoleh materi lain, silakan add FB saya _Facebook.com/AgungSetyaji

Share :

Facebook Twitter Google+

3 Responses to "Cara Menjual Blog, Website Atau Situs "

  1. DreamHost is ultimately one of the best website hosting provider for any hosting services you need.

    ReplyDelete
  2. Artikelnya mantap pak Agung. Kira2 bisa ndak ngejual konten website/blog yang domain dan hostingnya masih versi gratisan di Flippa seperti punya saya ini, hehehe. Mohon pencerahannya, Terima kasih.

    Salam kenal,


    Mohammad Sholeh
    http://massholeh.webs.com

    ReplyDelete

wdcfawqafwef